Selasa, 05 Juni 2012

Intel Kembangkan Prosesor Untuk Jadikan iPad Lebih Baik


Di sela-sela sebuah acara tahunan Investor Day, Intel melalui CEO-nya, Paul Otellini menguraikan rencana perusahaannya untuk meningkatkan investasi pabrik chip prosesor miliknya untuk mengejar ketertinggalannya di sektor perangkat mobile yang cukup menggiurkan.

Salah satu fokus Intel di segmen chip perangkat mobile termasuk membesut prosesor seperti yang kini menjadi andalan Apple di tablet apiknya, iPad.

"Tugas kami adalah untuk memastikan silikon kami sangat menarik, dalam hal menjalankan Mac lebih baik atau menjadikan sebuah perangkat iPad lebih baik, yang karena itu mereka membuat keputusan untuk tidak mengabaikan kami," kata Otellini seperti dikutip PULSAonilne via AppleInsiders.

Saat ini, Apple telah mengandalkan prosesor Intel untuk menjadi chip di lini komputer Mac setelah beralih dari platform PowerPC milik IBM pada 2005. Namun, produk iDevice yang kini telah terjual lebih banyak dari Mac, seperti iPad masih menggunakan teknologi monolit menggunakan chip berbasis ARM yang dibuat oleh Samsung.

Pertumbuhan pasar tablet yang dipimpin oleh iPad dengan cepat melahap pasar komputer PC, yang kini telah mengalami penurunan hingga 6% pada kuartal keempat tahun lalu. Hal itu bahkan pernah diprediksi oleh CEO Apple, Tim Cook yang mengatakan bahwa pasar tablet pada suatu hari akan melebihi jumlah PC.

Intel yang sudah absen cukup lama di segmen mobile, akhirnya mulai berbenah diri dan ingin mengambil keuntungan di pasar yang tengah berkembang itu. Menurut informasi Intel telah menandatangai persetujuan untuk mennyuplai Motorola dan Lenovo dengan prosesor Atom “Medfield” untuk digunakan pada produk kedua perusahaan itu.

Selain Medfield, Intel melalui Co-Manager of Mobile Communications Group-nya, Mike Bell, mensinyalir adanya lini pabrikan barunya yang digunakan untuk membuat chip lebih unggul untuk ditawarkan dari kompetisi.

"Apa yang dilakukan teknologi pemrosesan adalah memberi kita kinerja yang lebih baik, ‘at better power at better size,'" kata Bell.

"Menurut kami itu adalah keuntungan mendasar yang kami miliki," lanjutnya.

Intel dilaporkan tengah mengembangkan prosesor 22nm yang lebih efisien yang dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2013. Perusahaan itu juga berharap bahwa lini produksi itu akan menggunakan proses 14nm pada tahun 2014. Sebagaimana diketahui, prosesor A5 terbaru dan keluarga A5X milik Apple dikembangkan pada proses 32nm dan 45nm.
Intel sendiri memang pernah mengungkap ketertarikannya untuk memproduksi silicon A-series milik Apple tahun lalu dalam upaya untuk menyingkirkan Samsung dari bisnis pabrikasi.

Apakah upaya Intel dalam rangka ‘membujuk’ Apple untuk beralih ke prosesor mobile miliknya akan berhasil, memang belum bisa dipastikan. Hal itu pun tampaknya sulit terwujud, mengingat Apple yang tidak akan mungkin berpaling dari bisnis pembuatan chip sendiri yang menurut prediksi bakal menjadi yang terbesar di dunia pada akhir tahun 2012 ini.

Sumber :  http://www.tabloidpulsa.co.id/news/3846-intel-kembangkan-prosesor-untuk-jadikan-ipad-lebih-baik

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►